` Perkembangan Teknik Komputer Jaringan dari Masa ke Masa - INFORMASI TEKNOLOGI

Perkembangan Teknik Komputer Jaringan dari Masa ke Masa

 Teknik Komputer Jaringan telah mengalami perkembangan yang pesat seiring dengan kemajuan teknologi informasi. Dari masa ke masa, terdapat beberapa tahapan signifikan yang telah membentuk dan mengubah cara kita berkomunikasi dan mengakses informasi melalui jaringan komputer. Berikut adalah artikel yang membahas perkembangan Teknik Komputer Jaringan dari masa ke masa.


1Awal Mula Komputer Jaringan (1960-an hingga 1970-an):
Pada awal mula perkembangan Teknik Komputer Jaringan, komputer jaringan masih terbatas pada jaringan lokal (Local Area Network) yang digunakan oleh organisasi atau institusi tertentu. Salah satu contohnya adalah jaringan ARPANET (Advanced Research Projects Agency Network), yang dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969. ARPANET menjadi cikal bakal internet modern dan merupakan jaringan pertama yang menggunakan protokol paket.

2. Perkembangan Protokol Jaringan (1980-an hingga 1990-an):
Pada tahun 1980-an dan 1990-an, terjadi perkembangan protokol jaringan yang menjadi landasan dalam Teknik Komputer Jaringan. Salah satunya adalah protokol TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) yang menjadi dasar utama dari internet saat ini. Perkembangan TCP/IP membuat jaringan komputer dapat terhubung secara global dan memungkinkan pertukaran data antara komputer-komputer di seluruh dunia.

3. Era Internet dan World Wide Web (1990-an hingga 2000-an):
Pada tahun 1990-an, internet semakin populer dan menjadi lebih mudah diakses oleh masyarakat umum. World Wide Web (WWW) yang dikembangkan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1989, memungkinkan akses informasi melalui browser web. Selain itu, teknologi seperti email, FTP (File Transfer Protocol), dan IRC (Internet Relay Chat) juga mulai digunakan secara luas.

4. Jaringan Nirkabel dan Mobile Computing (2000-an hingga 2010-an):
Dalam perkembangan Teknik Komputer Jaringan, teknologi nirkabel dan mobile computing memainkan peran penting. Pada tahun 2000-an, jaringan Wi-Fi mulai digunakan secara luas, memungkinkan akses internet tanpa menggunakan kabel. Selain itu, perkembangan teknologi seluler juga membawa kemajuan dalam akses internet melalui ponsel pintar (smartphone) dan tablet.

5. Internet of Things (IoT) dan Komputasi Awan (2010-an hingga sekarang):
Pada dekade terakhir, perkembangan Teknik Komputer Jaringan ditandai dengan kemunculan Internet of Things (IoT) dan komputasi awan (cloud computing). IoT menghubungkan berbagai perangkat yang terhubung internet, seperti peralatan rumah tangga cerdas, kendaraan otonom, dan sensor-sensor pintar. Sementara itu, komputasi awan menyediakan sumber daya komputasi dan penyimpanan yang terpusat yang dapat diakses melalui jaringan internet.




Kesimpulan:
Perkembangan Teknik Komputer Jaringan dari masa ke masa telah mengubah cara kita berkomunikasi, mengakses informasi, dan mengelola data. Dari jaringan lokal hingga jaringan global seperti internet, dan dari komputer stasioner hingga perangkat mobile dan IoT, setiap tahapan perkembangan ini memiliki dampak besar dalam memajukan dunia teknologi informasi. Diharapkan perkembangan ini akan terus berlanjut, membawa inovasi baru dan memperluas kemampuan jaringan komputer di masa depan.




Post a Comment for "Perkembangan Teknik Komputer Jaringan dari Masa ke Masa"